Uji Kompetensi Tata Busana Skema Okupasi Supervisor Costume Made Wanita Sukses di Selengggarakan Oleh LSP UNM

Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Negeri Makassar (LSP UNM). Beberapa hari yang lalu selama 2 hari, tepatnya pada tanggal 20 hingga 2022 LSP UNM telah melaksanakan uji kompetensi dengan skema kupasi Supervisor Costume Made Wanita di Tempat Uji Kompetensi Tata Busana Jurusan PKK Fakultas Teknik UNM (TUK Tata Busana FT UNM) . Uji kompetensi tersebut diikuti oleh 20 mahasiswa, terdiri dari mahasiswa Pendidikan Tata Busana yang telah menempuh semester enam, di mana pada semester itu, mahasiswa telah memenuhi persyaratan mengikuti uji kompetensi karena telah menempuh berbagai mata kuliah yang menunjang uji kompetensi dengan skema kupasi Supervisor Costume Made Wanita. 

Dalam uji kompetensi tersebut, para mahasiswa melaksanakan sembilan belas unit kompetensi yang terdiri dari memberikan pelayanan prima kepada pelanggan; melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang beragam; mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja; memelihara alat jahit; menggambar busana; mengukur tubuh pelanggan sesuai dengan desain; membuat pola busana dengan teknik konstruksi, membuat pola busana dengan teknik konstruksi di atas kain; membuat pola busana dengan teknik draping, membuat pola busana dengan teknik kombinasi; memotong bahan; menjahit dengan mesin; menyelesaikan busana dengan jahitan tangan; melakukan pengepresan; melakukan penyelesaian akhir busana (finishing); memilih/membeli bahan baku busana sesuai desain; membuat hiasan pada busana; mengawasi mutu pekerjaan di lingkungan busana; hingga menghitung harga jual hasil produksi. Seluruh unit kompetensi tersebut harus dapat diseleseikan oleh peserta uji kompetensi dalam jangka waktu yang telah ditentukan yang kemudian akan dinilai oleh para asesor yang kompeten di bidangnya. 

Tidak sia-sia yang dikerjakan oleh para mahasiswa selama 2 hari tersebut, dua puluh mahasiswa yang megikuti uji kompetensi tersebut dinyatakan kompeten dengan menghasilkan produk busana pesta cocktail yang menawan sesuai dengan kreativitas masing-masing peserta uji. Dengan adanya hal tersebut maka para mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan UNM karena uji kompetensi tersebut menghasilkan mahasiswa yang kompeten untuk mendukung Indikator Kinerja Utama UNM. 

Selain itu, uji kompetensi ini juga sangat memberikan pengalaman, pengetahuan yang luar biasa, dan bekal untuk bekerja pada mahasiswa pada khususnya karena sertifikat yang diterbitkan oleh BNSP ini memiliki logo Garuda Emas yang berskala nasional bahkan dapat berlaku secara internasional. Penyelenggaraan uji kompetensi ini diharapkan dapat dilaksanakan secara reguler dan terus menerus sehingga dapat menghasilkan mahasiswa yang kompeten dan dapat diterima di dunia kerja baik di skala lokal, nasional dan internasional serta dapat mendukung program pemerintah dengan semboyan “Vokasi Bisa”. Tidak hanya skema kupasi Supervisor Costume Made Wanita, semoga ke depannya LSP UNM dapat mengembangkan skema-skema yang lain di bidang tata busana sehingga para mahasiswa dapat memiliki kompetensi yang lebih luas.